Mas Qo'qo' Cacian Anda Motivasi Saya.

Minuman Khas Korea

3 min read

Minuman Khas Korea

Halo sahabat paparouxindy, kali ini kami ingin berbagai ilmu pengetahuan tentang minuman khas Korea. Negara Korea ini memiliki banyak peninggalan sejarah, pakaian, ornamen maupun dari kuliner, tidak hanya makanan, minuman di Korea pun terdari berbagai macam jenis.

Sebelum kami melanjutkan pembahasan ini, tolong disimak baik-baik ya sahabat, supaya Anda bisa memahami apa yang kami bahas.

Minuman Khas Korea

Minuman Khas Korea

Minuman khas Korea yang wajib Anda cobain, seperti pembahasan dibawah ini:

Nok Cha

Nokcha adakah minuman yang banyak manfaatnya, berikut ini ada beberapa manfaat dari minuman asal Korea namanya Nokcha.

  • Menurunkan kadar kolestrol
  • Menurunkan lemak tubuh
  • Melawan sel kanker
  • Melawan bakteri

Selain itu juga digunakan sebagai minuman, nyatanya nokcha banyak dimanfaatkan masyarakat sebagai bahan memasak.

Hal ini sebenarnya juga tidak mengherankan, sebab minuman nokcha mampu menetralisir racun, menambah warna hijau sayuran dan menetralisir bau daging.

Manfaat nokcha ini juga digunakan sebagai bahan memasak, minuman ini juga dijadikan sebagai bahan es krim, kue kering dan masker.

Nah, buat Anda yang belum memiliki kesempatan terbang ke Korea, Anda juga bisa membelinya di marketplace.

Yulmu

Yulmu minuman khas korea

Pelepas dahaga minuman khas Korea ini sekilas tampak sereal dengan citarasa gurih, karena pada awalnya bentuknya berupa bubuk dan cukup dengan disedih untuk penyajiannya.

Namun, minuman Yulmu termasuk jenis teh yang mempunyai kadar protein jauh lebih tinggi dibanding kopi.

Di Negara Korea, minuman tersebut sudah dikemas dalam bentuk sachet dan bisa dengan mudah ditemukan di swalayan ataupun toko-toko.

Nah, Anda juga bisa membelinya di Minerva yang terletak di Seodaemu-gu2F, Korea atau di Lottemart. Buat harganya cukup bervariasi, tergantung tempat pembeliannya.

Sikhye

Sikhye minuman khas korea

Sikhye terbuat dari rendaman beras manis dan gandum, minuman ini jadi terlihat tak biasa. Rasanya sedikit manis dan lembut, tepat diminum usai melakukan sauna dan berendam air panas.

Karena minuman ini, juga berkhasiat menghilangkan pegal badan, terlihat lebih sebagai dessert, minuman ini disajikan dingin.

Cara membuat Yulmu sangat mudah, cukup dengan memfermentasikan nasi dan tepung, minuman ini bisa juga untuk memperlancar pencernaan.

Nah, ketika Anda pergi ke Korea silahkan mampir ke Salt doll di Nakwondong Jungrogu, bisa juga memesan secara online melalui Gmarket, harga yang ditawarkan yaitu Rp. 45.779 per 1,8 liter.

Sujeonggwa

Sujeonggwa minuman khas korea

Di Negara Korea juga ada minuman yang dibuat dari berbagai rempah seperti kesemek kering, jahe, serta kayu manis yang dicampur menjadi minuman bernama Sujeonggwa.

Nah, minuman ini biasanya juga dinikmati kala Korean Moon Festival dan bisa dinikmati waktu musim dingin maupun pada waktu musim panas.

Cara pembuatannya juga tergolong mudah yaitu semua bahan tinggal dicampurkan dan direbus selama 40 menit.

Jangan sampai lupa disaring sebelum disajikan ya, jika Anda suka rasa manis, boleh-boleh saja menambahkan gula supaya rasanya lebih nikmat.

Teh Daechu

Teh Daechu merupakan menu teh lainnya dari Negeri Ginseng, Korea. Secara tampilannya warna teh ini juga tak beda jauh dengan teh pada umumnnya, merah gelap.

Bedanya dari teh satu ini, tak dibuat dari daun teh biasa, adapun bahan utama teh ini adalah jojoba atau buah kurma khas Korea.

Teh Omija

Omija yang berarti “beri lima rasa” yaitu manis, asam, asin, pahit dan pedas di dalam buah berri.

Di Negara Korea ini, berri biasanya diubah menjadi teh yang dapat dikonsumsi sendiri atau dicampur dengan madu, kelopak bunga, bubuk kacang hijau dan lain-lain untuk membuat berbagai macam minuman khas korea yang disebut hwache.

Nah, omija ini juga digunakan sebagai penyedap makgeolli, untuk penggunaan sehari-hari, teh baik untuk pilek atau penyakit pernapasan lainnya.

Makgeolli

Selain minuman soju, di Korea Selatan juga punya satu lagi minuman keras yang mengandung alkohol, namanya yaitu Takju atau Makgeolli.

Nah, minuman beralkohol yang satu ini bahan dasarnya juga terbuat dari beras atau gandum yang diproses secara fermentasi. Menurut dari beberapa sumber, Makgeolli mempunyai kandungan alkohol sekitar 6 hingga 8 persen.

Karena tidak ada penyaring seperti soju, membuat makgeolli ini mempunyai warna putih seperti susu, rasa juga manis dan sangat menyegarkan. Minuman makgeolli juga kerap dijadikan sebagai sajian saat perayaan tertentu.

Tidak mudah untuk mendapatkannya meskipun minuman ini merupakan alkohol tertua, karena makgeolli sendiri banyak dijajakan di warung-warung tenda ataupun restoran dan harganya pun tidak terlalu mahal.

Yuja Cha

Yuja Cha minuman khas korea

Yujacha merupakan minuman infus jeruk yang banyak dinikmati selama waktu musim dingin.

Minuman yujacha ini terbuat dari yuya, buah jeruk khas China yang dibawa ke Korea Selatan pada masa Dinasti Tang.

Nah, minuman yujacha ini terbuat dari campuran irisan jeruk dengan gula, kemudian ditambahkan air hangat.

Cara lain membuat minuman ini adalah dengan menggunakan awetan buah yuya dan yujacheon, madu atau gula dan air, setelah itu yujacha disiapkan dengan melarutkan awetan buah tersebut dalam air hangat.

Banana Milk

Minuman yang satu ini sering sekali hadir dalam drama-drama Korea. Banana milk ini memang telah lama menjadi minuman khas korea, pabriknya sendiri juga sudah berdiri sejak tahun 1974.

Zaman dulu, minuman banana milk ini hanya digemari oleh anak-anak, meskipun belum dijual secara luas di Negara Indonesia, tapi telah banyak orang yang membuka bisnis online pemesanan minuman populer di Korea Selatan ini.

Nah, sangat populer, sampai-sampai banyak produsen susu kemasan di Indonesia juga membuat rasa yang sama.

Soju

Soju merupakan minuman beralkohol paling populer dari negara Korea. Bahan baku minuman soju tradisional yaitu beras, sebagian besar produsen soju memakai bahan tambahan atau bahan pengganti beras seperti kentang, gandum, jelai, ubi jalar dan tapioka (dangmil).

Minuman soju ini bening sekali tidak berwarna dengan kadar alkohol berbeda-beda, bahkan juga saat ini sudah banyak ditemukan soju dengan rasa buah-buahan.

Mogwa Cha

Mogwa Cha minuman khas korea

Minuman khas Korea selanjutnya terbuat dari buah Quice, buah ini mirip pear namun baunya wangi, rasa buahnya cenderung pahit. Buah ini juga diawetkan lalu dibuat jadi manisan sebelum menjadi teh bernama Mogwa Cha.

Minuman yang satu ini sangat berkhasiat untuk meredakan sakit tenggorakan, jika anda minat kunjungi saja Dawon di Kyungin Museum of Fine Art.

Di kedai teh ini Anda bisa menikmati mongwa cha dalam suasana khas Korea, bisa juga kunjungi Qoo10 untuk beli 4 boks isi 80 bags seharga Rp. 397.500.

Saenggang Cha

Saenggang Cha minuman khas korea

Teh jahe Korea atau Saenggang cha mempunyai rasa yang hampir sama dengan wedangan jahe asal Indonesia dan salabat dari Fhilipina. Teh jahe asal Korea ini dapat menghangatkan tubuh dan memperlancar sirkulasi darah.

Nah, berbeda dengan minuman yang terbuat dari jahe lainnya, saenggang mempergunakan akar jahe sebagai bahan utamanya, teh saenggang dihargai sekitar Rp.250.000 per 2 kg.

Tentunya minuman ini akan sangat nikmat apabila Anda berkunjung ke Korea waktu musim dingin, sambil menikmati suasana korea yang membuat Anda tidak bisa melupakannya.

Penutupan

Demikian pembahasan kali ini, semoga artikel saya bermanfaat untuk Anda yang sudah membacanya hingga akhir.

Sekian dan terimakasih, jangan lupa di share juga ya teman-teman, terus mampir di website paparouxindy.

Jangan lupa kunjungi website Masqoqo.com, disana Anda akan menemukan berbagai macam ilmu pengetahuan.

Mas Qo'qo' Cacian Anda Motivasi Saya.

Minuman Khas India

Mas Qo'qo'
4 min read

Minuman Khas Indonesia

Mas Qo'qo'
4 min read

Minuman Khas Spanyol

Mas Qo'qo'
2 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.